EVALUASI KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS TERMINAL BANJARMASIN


Mutu pelayanan kesehatan adalah pelayanan kesehatan yang memenuhi kebutuhan pasien pada saat pasien mendapatkan pelayanan kefarmasian sesuai dengan keinginan pasien. Indikator keberhasilan dari mutu pelayanan kesehatan merupakan kepuasan dari pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian yang ada di Puskesmas Terminal Banjarmasin.
Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental yang bersifat deskriptif analitik. Pengumpulan data dilakukan dari tanggal 25 Juni – 16 Juli 2018 dengan populasi pada penelitian ini yaitu semua pasien yang mendapatkan pelayanan kefarmasian di Puskesmas Terminal Banjarmasin dengan jumlah sampel sebanyak 323 responden yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi dengan menggunakan metode purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang diambil dari Permenkes No. 74 Tahun 2014. Analisa data menggunakan rumus KP (Kepuasan Pasien). Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini didasarkan pada lima dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari tangible, empathy, reliability, responsiveness, dan assurance yang berguna untuk mengetahui persepsi pasien terhadap kualitas pelayanan kefarmasian.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di Puskesmas Terminal Banjarmasin dapatkan hasil bahwa tingkat kepuasan terhadap pelayanan kefarmasian dari 323 responden yang diteliti yaitu sebanyak sebanyak 117 responden (36,22%) dengan kategori sangat puas pada dimensi tangible, dan sebanyak 203 responden (62,84%) dengan kategori puas pada dimensi tangible, dan sebanyak 3 responden (0,92%) dengan kategori tidak puas terdapat pada dimensi assurance.

Kata Kunci : Pelayanan Kefarmasian, Kepuasan, Puskesmas


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab \0
Pengarang MARIA NATALIA - Personal Name
Edisi Published
No. Panggil 154101484010040
Subyek
Klasifikasi 154101484010040
Judul Seri \0
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit STIKES ISFI BANJARMASIN
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit BANJARMASIN
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

. (2018).EVALUASI KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS TERMINAL BANJARMASIN.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To Senayan Library's Online Public Access Catalog (OPAC). Use OPAC to search collection in our library.

Media Sosial / Kanal

Facebook Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official
Youtube Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official
Instagram Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: [email protected]