TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK K-24 BALANGAN
Pelayanan kefarmasian telah mengalami perubahan yang semula hanya
terfokus kepada pengelolaan obat (drug oriented) berkembang menjadi pelayanan
komprehensif meliputi pelayanan obat dan pelayanan farmasi klinik yang
bertujuan meningkatkan kualitas hidup pasien. Kepuasan pasien adalah keadaan
saat harapan, kebutuhan, serta keinginan dapat terpenuhi dengan membandingkan
pelayanan yang diperoleh dengan harapan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien
terhadap pelayanan kefarmasian di apotek K-24 Balangan meliputi tingkat
kepuasan secara menyeluruh dan tingkat kepuasan 5 dimensi pelayanan. Hal ini
digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan.
Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan
pengambilan data secara prospektif pasien dengan resep yang memenuhi kriteria
eksklusi dan inklusi, metode pengambilan sampel adalah consecutive sampling.
Subjek yang diambil sejumlah 108 responden. Penelitian ini dilakukan pada bulan
Februari-Maret 2023. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
kuesioner. Pengolahan data dilakukan dengan cara memasukkan data ke dalam
microsoft excel lalu dibuat tabel untuk menggambarkan persentase kepuasan tiap
pernyataan dan dimensi kepuasan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pasien merasa sangat
puas terhadap pelayanan kefarmasian di apotek K-24 Balangan dengan tingkat
kepuasan rata-rata 93,22%. Dari hasil penilaian 5 dimensi kualitas pelayanan
yaitu: reliability 90,37%, responsiveness 87,48%, tangible 86,41%, emphaty
90,04%, assurance 89,72%. Dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pasien
terhadap pelayanan kefarmasian di apotek K-24 Balangan “sangat puas”.
Kata kunci: Apotek, Kepuasan Pasien, Pelayanan Kefarmasian
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
MELANIA FAJAR K - Personal Name
|
Edisi |
Published |
No. Panggil |
200101057 |
Subyek |
|
Klasifikasi |
200101057 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
STIKES ISFI BANJARMASIN |
Tahun Terbit |
2023 |
Tempat Terbit |
BANJARMASIN |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
|
Citation
. (2023).TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK K-24 BALANGAN.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd