TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS TERHADAP PELAYANAN RESEP DI APOTEK KHANZA FARMA GAMBUT KALIMANTAN SELATAN


Pelayanan kefarmasian dapat dilihat sebagai faktor untuk mengevaluasi
kepuasan pasien meliputi penampilan apotek, keramahan petugas, pelayanan
informasi obat, ketersedian obat, serta kecepatan pelayanan yang ada di apotek.
Kepuasan pasien adalah keadaan saat harapan, kebutuhan, serta keinginan dapat
terpenuhi dengan membandingkan pelayanan yang diperoleh dengan harapan.
Kepuasan pasien dipengaruhi oleh persepsi tentang kualitas atau mutu pelayanan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien
BPJS terhadap Pelayanan resep dari aspek Responsiveness, Assurance, Tangible,
Emphaty, dan Reliability yang dilakukan oleh Apoteker / Tenaga Teknis
Kefarmasian di Apotek Khanza Farma Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan.
Jenis penelitian adalah non eksperimental melalui pendekatan crosssectional . Pengumpulan data secara prospektif menggunakan kuesioner dimulai
dari Februari-April 2023. Sampel adalah pasien yang memenuhi kriteria inklusi
dan eksklusi sejumlah 272 orang di Apotek Khanza Farma Gambut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien di Apotek
Khanza Farma Gambut yang mendapatkan pelayanan kefarmasian secara
keseluruhan memiliki nilai rata-rata tingkat kepuasan pasien yaitu 86,77% yang
berarti pasien merasa sangat puas terhadap pelayanan kefarmasian dengan hasil
masing-masing pada dimensi responsiveness 87,75% (sangat puas), dimensi
assurance 87,76% (sangat puas) , dimensi tangible 84,82% (sangat puas), dimensi
empathy 88,01% (sangat puas), dan dimensi reliability 85,50% (sangat puas).
Kata kunci: Kepuasan Pasien, Pelayanan Kefarmasian, Apotek


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang NUR ASYIDDA - Personal Name
Edisi Published
No. Panggil 200101014
Subyek
Klasifikasi 200101014
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit STIKES ISFI BANJARMASIN
Tahun Terbit 2023
Tempat Terbit BANJARMASIN
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

. (2023).TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS TERHADAP PELAYANAN RESEP DI APOTEK KHANZA FARMA GAMBUT KALIMANTAN SELATAN.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To Senayan Library's Online Public Access Catalog (OPAC). Use OPAC to search collection in our library.

Media Sosial / Kanal

Facebook Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official
Youtube Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official
Instagram Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: [email protected]