TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI RUANG FARMASI DI PUSKESMAS SUNGAI CUKA
Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator mutu pelayanan
puskesmas, kepuasaan pasien akan terpenuhi bila pelayanan yang diberikan sesuai
dengan harapan mereka. Kualitas pelayanan puskesmas yang baik akan
mempengaruhi kepuasan pasien dan mengakibatkan pasien kembali datang untuk
menggunakan jasa pelayanan tersebut. Akan tetapi kurangnya Tenaga Teknis
Kefarmasian di Puskesmas Sungai Cuka membuat pelayanan kefarmasian menjadi
kurang optimal sehingga banyak pekerjaan yang tertunda. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan
Kefarmasian Di Ruang Farmasi Di Puskesmas Sungai Cuka.
Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional. Rancangan
penelitian akan di lakukan secara cross sectional. Pengumpulan data dilakukan
dengan cara prospektif. Populasi penelitian ini adalah semua pasien yang
berkunjung ke Puskesmas Sungai Cuka yang mendapatkan resep obat atau
pengambilan obat pada pelayanan kefarmasian. Sampel diambil dengan metode
Random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 306 pasien. Pengumpulan data
dilakukan dengan pengisian lembar kuesioner
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tentang tingkat kepuasan pasien
ditinjau dari 5 dimensi yaitu kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan
kenyataan yang menunjukan bahwa presepsi tingkat kepuasan terbesar pada
dimensi kehandalan (78,00%), dimensi empati (77,00%), dimensi jaminan
(77,00%), dimensi kenyataan (77,00%), dan dimensi ketanggapan (76,00%)
dengan presentase nilai rata-rata tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan
kefarmasian diruang farmasi di Puskesmas Sungai Cuka secara keseluruhan
sebesar 76,00% dengan klasifikasi kepuasan adalah puas. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa pasien puas terhadap pelayanan di ruang farmasi di
Puskesmas Sungai Cuka.
Kata kunci: kepuasan pasien, pelayanan kefarmasian, puskesmas
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
NOR ATIPAH - Personal Name
|
Edisi |
Published |
No. Panggil |
200101036 |
Subyek |
|
Klasifikasi |
|
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
STIKES ISFI BANJARMASIN |
Tahun Terbit |
2023 |
Tempat Terbit |
BANJARMASIN |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
|
Citation
. (2023).TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI RUANG FARMASI DI PUSKESMAS SUNGAI CUKA.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd