TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI RUANG FARMASI DI PUSKESMAS SUNGAI CUKA


Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator mutu pelayanan
puskesmas, kepuasaan pasien akan terpenuhi bila pelayanan yang diberikan sesuai
dengan harapan mereka. Kualitas pelayanan puskesmas yang baik akan
mempengaruhi kepuasan pasien dan mengakibatkan pasien kembali datang untuk
menggunakan jasa pelayanan tersebut. Akan tetapi kurangnya Tenaga Teknis
Kefarmasian di Puskesmas Sungai Cuka membuat pelayanan kefarmasian menjadi
kurang optimal sehingga banyak pekerjaan yang tertunda. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan
Kefarmasian Di Ruang Farmasi Di Puskesmas Sungai Cuka.
Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional. Rancangan
penelitian akan di lakukan secara cross sectional. Pengumpulan data dilakukan
dengan cara prospektif. Populasi penelitian ini adalah semua pasien yang
berkunjung ke Puskesmas Sungai Cuka yang mendapatkan resep obat atau
pengambilan obat pada pelayanan kefarmasian. Sampel diambil dengan metode
Random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 306 pasien. Pengumpulan data
dilakukan dengan pengisian lembar kuesioner
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tentang tingkat kepuasan pasien
ditinjau dari 5 dimensi yaitu kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan
kenyataan yang menunjukan bahwa presepsi tingkat kepuasan terbesar pada
dimensi kehandalan (78,00%), dimensi empati (77,00%), dimensi jaminan
(77,00%), dimensi kenyataan (77,00%), dan dimensi ketanggapan (76,00%)
dengan presentase nilai rata-rata tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan
kefarmasian diruang farmasi di Puskesmas Sungai Cuka secara keseluruhan
sebesar 76,00% dengan klasifikasi kepuasan adalah puas. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa pasien puas terhadap pelayanan di ruang farmasi di
Puskesmas Sungai Cuka.
Kata kunci: kepuasan pasien, pelayanan kefarmasian, puskesmas


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang NOR ATIPAH - Personal Name
Edisi Published
No. Panggil 200101036
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit STIKES ISFI BANJARMASIN
Tahun Terbit 2023
Tempat Terbit BANJARMASIN
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

. (2023).TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI RUANG FARMASI DI PUSKESMAS SUNGAI CUKA.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To Senayan Library's Online Public Access Catalog (OPAC). Use OPAC to search collection in our library.

Media Sosial / Kanal

Facebook Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official
Youtube Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official
Instagram Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: [email protected]