TINGKAT KEPUASAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN PASIEN DI APOTEK ZAFRAN MEDIKA GAMBUT KAB BANJAR
Mutu pelayanan kefarmasian dapat dijadikan suatu tolak ukur terhadap
kepuasan pasien. Kepuasan pada dasarnya dapat dikatakan sebagai suatu tindakan
dan perlakuan atau cara melayani orang lain untuk memenuhi apa yang menjadi
kebutuhan dan keinginannya oleh karena itu kepuasan pasien erat hubungannya
dengan kualitas pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian yang
diberikan oleh petugas di Apotek Zafran Medika Gambut Kab Banjar.
Penelitian ini merupakan sebuah penelitian non eksperimental dengan
rancangan yang dilakukan yaitu cross sectional. Pengambilan data dilakukan
secara prospektif menggunakan instrumen penelitian yaitu kuesioner. Sampel dari
penelitian ini adalah pasien yang mendapatkan pelayanan resep dokter BPJS
maupun Non BPJS yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Jumlah
subjek yang diambil sebanyak 298 responden dengan waktu penelitian FebuariApril 2023 Pengolahan data dilakukan dengan cara memasukkan data ke dalam
microsoft excel lalu dibuat tabel untuk menggambarkan persentase kepuasan tiap
dimensi kepuasan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien dengan
jumlah responden sebanyak 298 pasien menggunakan 5 indikator kepuasan
pelayanan, didapatkan hasil bahwa pasien merasa sudah sangat puas dengan ratarata persentase jawaban sebesar 86,98% terhadap pelayanan kefarmasian dengan
hasil masing-masing dimensi bukti fisik 84,34% (sangat puas), dimensi
kehandalan 86,93% (sangat puas), dimensi ketanggapan 88,02% (sangat puas),
dimensi jaminan 87,06% (sangat puas), dimensi empati 88,55% (sangat puas).
Kata Kunci: Kepuasan, Pelayanan Kefarmasian, Pasien, Apotek, Resep
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
AYU MAGFIRAH M - Personal Name
|
Edisi |
Published |
No. Panggil |
200101035 |
Subyek |
|
Klasifikasi |
200101035 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
STIKES ISFI BANJARMASIN |
Tahun Terbit |
2023 |
Tempat Terbit |
BANJARMASIN |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
|
Citation
. (2023).TINGKAT KEPUASAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN PASIEN DI APOTEK ZAFRAN MEDIKA GAMBUT KAB BANJAR.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd