TINGKAT KEPUASAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN PASIEN DI APOTEK ZAFRAN MEDIKA GAMBUT KAB BANJAR


Mutu pelayanan kefarmasian dapat dijadikan suatu tolak ukur terhadap
kepuasan pasien. Kepuasan pada dasarnya dapat dikatakan sebagai suatu tindakan
dan perlakuan atau cara melayani orang lain untuk memenuhi apa yang menjadi
kebutuhan dan keinginannya oleh karena itu kepuasan pasien erat hubungannya
dengan kualitas pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian yang
diberikan oleh petugas di Apotek Zafran Medika Gambut Kab Banjar.
Penelitian ini merupakan sebuah penelitian non eksperimental dengan
rancangan yang dilakukan yaitu cross sectional. Pengambilan data dilakukan
secara prospektif menggunakan instrumen penelitian yaitu kuesioner. Sampel dari
penelitian ini adalah pasien yang mendapatkan pelayanan resep dokter BPJS
maupun Non BPJS yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Jumlah
subjek yang diambil sebanyak 298 responden dengan waktu penelitian FebuariApril 2023 Pengolahan data dilakukan dengan cara memasukkan data ke dalam
microsoft excel lalu dibuat tabel untuk menggambarkan persentase kepuasan tiap
dimensi kepuasan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien dengan
jumlah responden sebanyak 298 pasien menggunakan 5 indikator kepuasan
pelayanan, didapatkan hasil bahwa pasien merasa sudah sangat puas dengan ratarata persentase jawaban sebesar 86,98% terhadap pelayanan kefarmasian dengan
hasil masing-masing dimensi bukti fisik 84,34% (sangat puas), dimensi
kehandalan 86,93% (sangat puas), dimensi ketanggapan 88,02% (sangat puas),
dimensi jaminan 87,06% (sangat puas), dimensi empati 88,55% (sangat puas).
Kata Kunci: Kepuasan, Pelayanan Kefarmasian, Pasien, Apotek, Resep


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang AYU MAGFIRAH M - Personal Name
Edisi Published
No. Panggil 200101035
Subyek
Klasifikasi 200101035
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit STIKES ISFI BANJARMASIN
Tahun Terbit 2023
Tempat Terbit BANJARMASIN
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

. (2023).TINGKAT KEPUASAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN PASIEN DI APOTEK ZAFRAN MEDIKA GAMBUT KAB BANJAR.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To Senayan Library's Online Public Access Catalog (OPAC). Use OPAC to search collection in our library.

Media Sosial / Kanal

Facebook Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official
Youtube Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official
Instagram Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: [email protected]