KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS S.PARMAN BANJARMASIN


Pelaksanaan pelayanan kefarmasian di Puskesmas memiliki standar yang telah ditetapkan oleh Peraturan Menteri Kesehatan. Untuk dapat berjalan dengan baik maka perlu didukung oleh beberapa faktor antara lain sumber daya manusia, sarana, dan prasarana yang memadai. Apabila faktor pendukung tersebut dapat tercapai dapat berdampak pada kepuasan pasien dalam menerima pelayanan kefarmasian. Kepuasan pasien merupakan perasaan senang atau kecewa yang dirasakan oleh pasien dalam menerima pelayanan kefarmasian yang didapatkan dengan membandingkan antara harapan dan kenyataan yang diterima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan kefarmasin, mengetahui perbedaan antara pelayanan yang diharapkan (ekspektasi) dengan pelayanan yang dirasakan (persepsi) dan mengetahui perbedaan pelayanan yang dirasakan (persepsi kepuasaan) berdasarkan karakteristik responden di Puskesmas S. Parman.
Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan pendekatan Cross- sectional yang bersifat deskriptif. Metode pengambilan sampel adalah Consecutive sampling dengan kriteria inklusi dan eksklusi yang sudah ditetapkan. Sampel yang didapatkan sebanyak 284 sampel. Instrumen penelitian yang diguanakan adalah lembar kuesioner. Data yang didapatkan dianalisis secara deksriptif dengan menggunakan bantuan software IBM SPSS 25.0 yaitu menggunakan uji Paired Sample T Test dan One Way Anova.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kualitas pelayanan kefarmasin di Puskesmas S.Parman Banjarmasin masuk dalam kategori “Sedang” (GAP = 0,498), terdapat perbedaan bermakna antara rerata pelayanan kefarmasian yang diharapkan (3,654) dan pelayanan yang dirasakan (3,156) dengan nilai selisih (GAP) sebesar = 0,498 dan nilai signifikasi (p) = 0,000 dan tidak terdapat perbedaan pelayanan yang dirasakan (persepsi kepuasaan) berdasarkan karakteristik responden, dengan nilai signifikansi masing-masing : Umur (p=0,686); Jenis Kelamin (p=0,304); Tingkat Pendidikan (p=0,686); Jenis Pekerjaan (p=0,322); Jumlah Penghasilan (p=0,863); dan Jenis Kepesertaan (p=0,235).


Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan Kefarmasian, Puskesmas, Kuesioner


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang WAHYUDI - Personal Name
Edisi
No. Panggil 200102001
Subyek
Klasifikasi 200102001
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit STIKES ISFI BANJARMASIN
Tahun Terbit 2022
Tempat Terbit BANJARMASIN
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

. (2022).KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS S.PARMAN BANJARMASIN.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To Senayan Library's Online Public Access Catalog (OPAC). Use OPAC to search collection in our library.

Media Sosial / Kanal

Facebook Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official
Youtube Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official
Instagram Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: [email protected]