KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS S.PARMAN BANJARMASIN
Pelaksanaan pelayanan kefarmasian di Puskesmas memiliki standar yang telah ditetapkan oleh Peraturan Menteri Kesehatan. Untuk dapat berjalan dengan baik maka perlu didukung oleh beberapa faktor antara lain sumber daya manusia, sarana, dan prasarana yang memadai. Apabila faktor pendukung tersebut dapat tercapai dapat berdampak pada kepuasan pasien dalam menerima pelayanan kefarmasian. Kepuasan pasien merupakan perasaan senang atau kecewa yang dirasakan oleh pasien dalam menerima pelayanan kefarmasian yang didapatkan dengan membandingkan antara harapan dan kenyataan yang diterima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan kefarmasin, mengetahui perbedaan antara pelayanan yang diharapkan (ekspektasi) dengan pelayanan yang dirasakan (persepsi) dan mengetahui perbedaan pelayanan yang dirasakan (persepsi kepuasaan) berdasarkan karakteristik responden di Puskesmas S. Parman.
Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan pendekatan Cross- sectional yang bersifat deskriptif. Metode pengambilan sampel adalah Consecutive sampling dengan kriteria inklusi dan eksklusi yang sudah ditetapkan. Sampel yang didapatkan sebanyak 284 sampel. Instrumen penelitian yang diguanakan adalah lembar kuesioner. Data yang didapatkan dianalisis secara deksriptif dengan menggunakan bantuan software IBM SPSS 25.0 yaitu menggunakan uji Paired Sample T Test dan One Way Anova.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kualitas pelayanan kefarmasin di Puskesmas S.Parman Banjarmasin masuk dalam kategori “Sedang” (GAP = 0,498), terdapat perbedaan bermakna antara rerata pelayanan kefarmasian yang diharapkan (3,654) dan pelayanan yang dirasakan (3,156) dengan nilai selisih (GAP) sebesar = 0,498 dan nilai signifikasi (p) = 0,000 dan tidak terdapat perbedaan pelayanan yang dirasakan (persepsi kepuasaan) berdasarkan karakteristik responden, dengan nilai signifikansi masing-masing : Umur (p=0,686); Jenis Kelamin (p=0,304); Tingkat Pendidikan (p=0,686); Jenis Pekerjaan (p=0,322); Jumlah Penghasilan (p=0,863); dan Jenis Kepesertaan (p=0,235).
Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan Kefarmasian, Puskesmas, Kuesioner
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
WAHYUDI - Personal Name
|
Edisi |
|
No. Panggil |
200102001 |
Subyek |
|
Klasifikasi |
200102001 |
Judul Seri |
|
GMD |
Skripsi |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
STIKES ISFI BANJARMASIN |
Tahun Terbit |
2022 |
Tempat Terbit |
BANJARMASIN |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
|
Citation
. (2022).KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS S.PARMAN BANJARMASIN.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd