HUBUNGAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN DI APOTEK WILAYAH BANJARMASIN UTARA
Konsumen apotek tidak hanya membeli produk, tetapi mereka juga membeli pelayanannya. Kepuasan konsumen akan tercipta jika apotek mampu memenuhi harapan dari konsumennya. Salah satu upaya untuk menciptakan kepuasan konsumen adalah menggunakan bauran pemasaran dalam strategi pemasaran produknya. Tujuan dari penelitian ini adalah : untuk mengetahui gambaran respon konsumen terhadap strategi bauran pemasaran apotek, mengetahui gambaran kepuasan konsumen terhadap stategi bauran pemasaran apotek dan mengetahui hubungan antara respon konsumen terhadap stategi bauran pemasaran Jenis penelitian ini merupakan penelitian ekperimental dengan menggunakan kuisioner. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang telah berkunjung ke apotek mengisi kuisioner dengan kriteria minimal telah melakukan pembelian di apotek sebanyak satu kali dengan jumlah sampel sebanyak 57 responden. Analisis dilakukan dengan program SPSS versi 16 untuk mengetahui pengaruh variabel dan hubungan antar variabel dengan uji korelasi Kruskal-Wallis.
Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa respon konsumen terhadap strategi bauran pemasaran apotek di wilayah Banjarmasin Utara menunjukkan
bahwa bauran pemasaran produk berada pada kategori penting dengan presentase rata-rata sebesar 61,42%, bauran pemasaran harga berada pada kategori penting dengan presentase rata-rata sebesar 48,21%, bauran pemasaran tempat berada pada kategori penting dengan presentase rata-rata sebesar 58,76%, dan bauran pemasaran tempat berada pada kategori penting dengan presentase rata-rata sebesar 55,55%. Secara keseluruhan kepuasan konsumen terhadap bauran pemasaran berada pada kategori puas dengan presentase sebesar 65,96%. Dari hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat dan promosi, mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen di apotek Wilayah Banjarmasin Utara hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikasi < 0,05 dimana tingkat kepuasan dan tingkat kepentingan mempunyai pola yang hampir seragam, yang mana untuk indikator dengan tingkat kepuasan yang lebih tinggi juga memiliki tingkat kepentingan yang relatif lebih tinggi.
Kata kunci : Bauran Pemasaran, Kepuasan Konsumen
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
|
Edisi |
Published |
No. Panggil |
184101484010010 |
Subyek |
|
Klasifikasi |
184101484010010 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
STIKES ISFI BANJARMASIN |
Tahun Terbit |
2021 |
Tempat Terbit |
BANJARMASIN |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
|
Citation
. (2021).HUBUNGAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN DI APOTEK WILAYAH BANJARMASIN UTARA.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd