TINJAUAN LITERATUR : AKTIVITAS ANTIOKSIDAN BAWANG HITAM (Allium Sativum L)


Bawang putih segar mengalami proses pemanasan, berubah menjadi berwarna hitam, bertekstur seperti jelly dan lengket, memiliki rasa lebih manis dan asam dibandingkan bawang putih segar. Selain itu, terjadi perubahan beberapa senyawa bioaktif seperti S-allylcysteine, vitamin, asam fenolik dan flavonoid dalam bawang hitam yang berlangsung selama proses pemanasan. Bawang putih (Allium sativum L.) yang telah mengalami pemanasan menjadi bawang hitam (Black garlic) banyak digunakan sebagai makanan dan rempah rempah serta memiliki berbagai manfaat kesehatan dan sifat antioksidan lebih kuat dibandingkan bawang putih.

Metode penelitian dengan pendekatan tinjauan literature dilakukan dengan cara mencari artikel penelitian terkait di google scholar, kata kunci yang digunakan aktivitas antioksidan bawang hitam ditemukan 81 artikel. Sebanyak 70 artikel yang diterbitkan pada tahun 2010 2020 dan artikel yang sesuai dengan judul ada 37 artikel, hingga didapatkan 7 artikel jurnal yang dapat digunakan sesuai dengan kriteria inklusi.

Berdasarkan hasil studi literatur dari 7 artikel yang didapatkan dengan jenis penelitian deskriptif dapat disimpulkan bahwa bawang hitam memiliki aktivitas antioksidan dengan proses fermentasi yang baik pada suhu pemanasan 60 - 70oC dan lama pemeraman yang optimal antara 3 - 30 hari dengan aktivitas antioksidan sangat tinggi.

Kata Kunci : Antioksidan, Allium sativum l, Bawang hitam,


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang MUHAMAD RIZKI - Personal Name
Edisi Published
No. Panggil 184101484010021
Subyek
Klasifikasi 184101484010021
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit STIKES ISFI BANJARMASIN
Tahun Terbit 2021
Tempat Terbit BANJARMASIN
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

. (2021).TINJAUAN LITERATUR : AKTIVITAS ANTIOKSIDAN BAWANG HITAM (Allium Sativum L).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To Senayan Library's Online Public Access Catalog (OPAC). Use OPAC to search collection in our library.

Media Sosial / Kanal

Facebook Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official
Youtube Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official
Instagram Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: [email protected]