TINGKAT KEPATUHAN MINUM OBAT ANTIDIABETES ORAL PASIEN DIABETES MELITUS RAWAT JALAN DI RSUD BALANGAN


Jeruk merupakan buah yang banyak terdapat di Indonesia. Salah satu varietas jeruk yang dihasilkan di Kalimantan Selatan adalah jeruk Siam Banjar.Buah jerukdapat dikonsumsi baik secara langsung ataupun melalui proses pengolahan terlebih dahulu menjadi sebuah produk makanan ringan, selanjutnya kulit jeruk dibuang sebagai limbah yang tidak dimanfaatkan secara optimal.Manfaat kulit jeruk salah satunya adalah untuk membuat pektin.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ekstraksi dan karakterisasi pektin yang dihasilkan dari limbah kulit jeruk Siam Banjar.
Jenis penelitian merupakan penelitian non eksperimental bersifat deskriptif.Penelitian ini dilakukan dilaboratorium Kimia Farmasi Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin.Populasi dari penelitian ini adalah kulit buah jeruk Siam Banjar yang diambil dari perkebunan jeruk di Desa Sebamban Kabupaten Barito Kuala. Sampel pada penelitian ini yaitu kulit jeruk Siam Banjar yang telah memenuhi kriteria seperti buah jeruk yang sudah matang berumur 32 minggu dan kulit jeruknya berwarna hijau kekuning-kuningan.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan rendemen pektin 7,3%± 0,1, berat ekivalen 3.035± 0,1, kadar metoksil 4,09% ± 0,06, kadar asam galakturonat 29,09 % ± 0,1 dan derajat esterifikasi 79,80% ±0,7. Hasil menunjukkan bahwa sampel tidak memenuhi standar mutu yang tertera dalam Farmakope Indonesia edisi V (2014).
Kata Kunci :Pektin, Jeruk, Ekstraksi


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang ASTRI LIANA PEBRIANTI - Personal Name
Edisi Published
No. Panggil 174101484010020
Subyek
Klasifikasi 174101484010020
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit STIKES ISFI BANJARMASIN
Tahun Terbit 2020
Tempat Terbit BANJARMASIN
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

. (2020).TINGKAT KEPATUHAN MINUM OBAT ANTIDIABETES ORAL PASIEN DIABETES MELITUS RAWAT JALAN DI RSUD BALANGAN.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To Senayan Library's Online Public Access Catalog (OPAC). Use OPAC to search collection in our library.

Media Sosial / Kanal

Facebook Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official
Youtube Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official
Instagram Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: [email protected]