TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PEMBERIAN INFORMASI OBAT DI RUMAH SAKIT : TINJAUAN LITERATUR


Pelayanan informasi obat suatu pelayanan yang dilalukan oleh Tenaga
Kefarmasian yang bertugas memberikan dan menyampaikan informasi. Obat
termasuk komponen penting untuk kesehatan untuk menghilangkan gejala suatu
penyakit, mencegah penyakit serta dapat menyembuhkan penyakit. Oleh karena
itu penyediaan informasi obat yang benar objektif dan lengkap sangat penting.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pelayanan informasi
obat di Puskesmas Cempaka Banjarmasin dan apakah ada perbedaan antara
pelayanan informasi obat yang diterima pasien menggunakan kuesioner dan
pelayanan informasi obat yang disampaikan Tenaga Kefarmasian dengan
pengamatan langsung.
Penelitian ini adalah non eksperimental dengan pengumpulan data secara
prospektif dengan menggunakan suatu kuesioner yang di isi oleh pasien yang
datang berobat dan mendapatkan informasi di Puskesmas Cempaka Banjarmasin
pada bulan Juni-Juli 2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah
teknik accidental sampling sampel yang diambil 320 responden yang memenuhi
kriteria inklusi dan eksklusi.
Hasil penelitian menunjukan gambaran pelayanaan informasi obat di
Puskesmas Cempaka Banjarmasin dengan menggunakan kuesioner yaitu terkait
nama obat 68,75%, Dosis obat 44,37%, Sediaan obat 65,62%, Cara penggunaan
obat 93,75%, Aturan pakai obat 93,75%, Lama penggunaan obat 78,12%, Efek
samping obat 34,68% dan penyimpanan 40,62% dan yang disampaikan oleh
Tenaga Kefarmasian yaitu nama obat 65,62%, Dosis obat 45%, Sediaan obat
62,5%, Cara penggunaan obat 90,31%, Aturan pakai obat 94,06%, Lama
penggunaan obat 74,68%, Efek samping obat 34,37% dan penyimpanan 38,75%.
Dapat disimpulkan bahwa pelayanan informasi obat yang disampaikan oleh
pasien dengan menggunakan kuesioner dan pelayanan informasi obat yang
diberikan oleh Tenaga Kefarmasian di Puskesmas Cempaka Banjarmasin belum
tersampaikan 100% hanya mendekati yaitu pelayanan informasi obat terkait cara
penggunaan dan aturan pakai obat.
Perbandingan antar pelayanan informasi obat pada pukul (08-00-11.00)
yang disampaikan Tenaga Kefarmasian dan pasien dengan menggunakan
kuesioner ada perbedan nilai kolerasi 0,997 dan T paired 0,034 dan pada pukul
(11-00-14.00) ada perbedaan nilai kolerasi 0,998 dan T paired 0,041.
Kata Kunci : Pelayanan informasi obat, Pasien, Tenaga Kefarmasian, Puskesmas


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang CHAIRUNNISA WIDIANTARI - Personal Name
Edisi Published
No. Panggil 174101484010016
Subyek
Klasifikasi 174101484010016
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit STIKES ISFI BANJARMASIN
Tahun Terbit 2020
Tempat Terbit BANJARMASIN
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

. (2020).TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PEMBERIAN INFORMASI OBAT DI RUMAH SAKIT : TINJAUAN LITERATUR.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To Senayan Library's Online Public Access Catalog (OPAC). Use OPAC to search collection in our library.

Media Sosial / Kanal

Facebook Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official
Youtube Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official
Instagram Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: [email protected]