KESESUAIAN PERESEPAN RAWAT JALAN TERHADAP FORMULARIUM RUMAH SAKIT


Jamu merupakan salah satu obat tradisional yang telah digunakan dari Indonesia khususnya di daerah Hulu Sungai Utara. Obat tradisional merupakan obat–obatan yang diolah secara tradisional, turun-temurun, berdasarkan resep nenek moyang, adat - istiadat, kepercayaan, atau kebiasaan setempat. Salah satu jamu yang sering dikonsumsi oleh masyarakat adalah jamu pegal linu. Jamu dapat berbahaya bagi kesehatan apabila mengandung bahan kimia obat seperti fenilbutazon. Fenilbutazon adalah obat anti-inflamasi non-steroid (AINS) yang bekerja sebagai anti-inflamasi. Efek samping dari penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan ginjal (terutama pecahnya pembuluh darah pada ginjal). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keberadaan fenilbutazon dalam jamu pegal linu yang beredar di kabupaten Hulu Sungai Utara. Penelitian ini menggunakan metode analisis Kromatografi Lapis Tipis pada 10 sampel jamu pegal linu yang beredar di Kabupaten Hulu Sungai Utara. Sampel dipilih dengan teknik sampling jenuh dari jumlah populasi. Data analisis dilakukan dengan 2 tahapan yaitu tahap pendahuluan dengan uji warna dan uji penegasan dengan membandingkan nilai Rf sampel dengan nilai Rf kontrol positif, kemudian data diinterprestasikan dalam bentuk persen. Fase gerak yang digunakan adalah etil asetat, metanol, ammonia dan menggunakan fase diam silika gel.
Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai Rf fenilbutazon yang didapat adalah 0,66. Dari 10 sampel jamu pegal linu yang diperoleh dari pedagang jamu di Kabupaten Hulu Sungai Utara didapatkan 3 sampel positif dan 7 sampel negatif mengandung fenilbutazon.
Kata Kunci : Jamu Pegal Linu, Fenilbutazon, Kromatografi Lapis Tipis


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang AINAH - Personal Name
Edisi Published
No. Panggil 174101484010009
Subyek
Klasifikasi 174101484010009
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit STIKES ISFI BANJARMASIN
Tahun Terbit 2020
Tempat Terbit BANJARMASIN
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

. (2020).KESESUAIAN PERESEPAN RAWAT JALAN TERHADAP FORMULARIUM RUMAH SAKIT.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To Senayan Library's Online Public Access Catalog (OPAC). Use OPAC to search collection in our library.

Media Sosial / Kanal

Facebook Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official
Youtube Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official
Instagram Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: [email protected]