ANALISIS KUANTITATIF KADAR FLAVONOID TERTINGGI PADA TANAMAN GENUS Crataeva : TINJAUAN LITERATUR


Berdasarkan data RISKESDAS 2013, prevalensi skizofrenia di Indonesia sebesar 1,7 per seribu penduduk dan di Kalimantan Selatan adalah 1,4 per seribu penduduk. Salah satu penanganan skizofrenia adalah dengan memberikan antipsikotik untuk mencegah gejala yang timbul.Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pola penggunaan antipsikotik selama terapi pengobatan antipsikotik pada pasien rawat inap skizofrenia di Rumah Sakit Umum Daerah Brigjend H.Hasan Basry Kalimantan Selatan. Pola penggunaan tersebut berupa golongan obat antipsikotik yang digunakan serta besar persentase penggunaan obat antipsikotik pada masing-masing golongan antipsikotik.
Jenis penelitian adalah non eksperimental dengan pengambilan data secara retrospektif. Populasi sampel adalah seluruh pasien skizofrenia rawat inap yang masuk pada bulan Januari sampai dengan Desember 2017 di RSUD Brigjend H.Hasan Basry yang memenuhi kriteria inklusi. Jumlah subyek penelitian sebanyak 499 pasien.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan golongan antipisikotik terbanyak adalah antipsikotik golongan kedua (65,94%). Penggunaan antipsikotik paling banyak adalah kombinasi antara APG1 dengan APG2 yaitu skizonoat dan clozapin (48,25%) berdasarkan karakeristik pasien jenis kelamin:laki-laki (49,68%); perempuan (44,10%), usia: masa remaja awal (57,14%); masa remaja akhir (28,57%); masa dewasa awal (53,92%); masa dewasa akhir (54,05%); masa lansia awal (23,25%), tipe skizofrenia: skizofrenia hebefrenik (52,76%); skizofrenia paranoid (37,98%); skizoafrektik (57,14%). Untuk penggunaan antipsikotik dengan karateristik usia: masa lansia akhir menggunakan kombinasi antara clozapine, haloperidol dan lodomer (37,05%) dan clozapine, stelosi, skizonoat (37,05%); masa manula menggunakan kombinasi antara haloperidol dengan lodomer (100%), sedangkan tipe skizorenia simpleks menggunakan kombinasi antara antipsikotik haloperidol dengan lodomer (25%), stelosi dengan lodomer (25%) dan kombinasi clozapine, skizonoat, stelosi lodomer (25%).
Kata Kunci: skizofrenia, antipsikotik, pola penggunaan obat


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang AS'SYIFA RAHMAH - Personal Name
Edisi Published
No. Panggil 174101484010011
Subyek
Klasifikasi 174101484010011
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit STIKES ISFI BANJARMASIN
Tahun Terbit 2020
Tempat Terbit BANJARMASIN
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

. (2020).ANALISIS KUANTITATIF KADAR FLAVONOID TERTINGGI PADA TANAMAN GENUS Crataeva : TINJAUAN LITERATUR.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To Senayan Library's Online Public Access Catalog (OPAC). Use OPAC to search collection in our library.

Media Sosial / Kanal

Facebook Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official
Youtube Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official
Instagram Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: [email protected]