Detail Cantuman

GAMBARAN TINGKAT KEPATUHAN ORANGTUA PASIEN DALAM PEMBERIAN OBAT ANTIEPILEPSI PADA ANAK DI APOTEK PRAMUKA BANJARMASIN

GAMBARAN TINGKAT KEPATUHAN ORANGTUA PASIEN DALAM PEMBERIAN OBAT ANTIEPILEPSI PADA ANAK DI APOTEK PRAMUKA BANJARMASIN


Bawang dayak (Eleutherine americana Merr.) merupakan salah satu tanaman berasal Kalimantan yang berkhasiat sebagai antioksidan. Khasiat dari tanaman bawang dayak diantaranya sebagai antikanker payudara, pengobatan kista, mencegah penyakit jantung, immunostimulant, antiinflmasi, antitumor serta mencegah pendarahan.
Dalam penelitian ini uji yang digunakan uji kualitatif dan kuantitatif. Uji kualitatif yang dilakukan adalah skrinning fitokimia. Skrinning fitokimia yang dilakukan adalah flavonoid. Flavonoid merupakan senyawa antioksidan yang terdapat pada bulbus bawang dayak. Uji skrinning flavonoid direaksikan dengan Reagen Pb Asetat menunjukkan hasil positif dengan ditandai perubahan warna menjadi endapan coklat kekuningan. Metode ekstraksi yang digunakan adalah maserasi dengan menggunakan pelarut etanol 96%.
Uji kuantititatif yang dilakukan menggunakan Spektrofotometer Visible. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui senyawa kimia yang terkandung dan aktivitas bawang dayak dalam memerangkap radikal bebas DPPH (1,1- diphenyl-2-picrylhydrazyl). Aktivitas antioksidan ekstrak etanol bulbus bawang dayak diukur dengan menggunakan spektrofotometer UV-Visible pada panjang gelombang 517 nm dan menghitung nilai IC50 terhadap aktivitas antioksidan dari ekstrak etanol bulbus bawang dayak. Aktivitas antioksidan ekstrak etanol bawang dayak diperoleh hasil pengukuran absorbansi DPPH pada menit ke-30 dengan adanya penambahan larutan uji dengan konsentrasi 425 μg/mL, 450 μg/ml, 475 μg/ml, 500 μg/ml dan 525 μg/ml. Didapatkan masing-masing persentase aktivitas antioksidan yaitu 12,98%, 31,86%, 43,40%, 58,40% dan 68,96%.
Hasil pengujian aktivitas antioksidan dengan metode penangkapan radikal bebas DPPH menunjukkan bahwa ekstrak etanol bulbus bawang dayak memiliki aktivitas antioksidan dengan nilai 487,43 μg/ml dan masuk ke dalam kategori sangat lemah sebagai antioksidan.
Kata Kunci : Aktivitas antioksidan, Bulbus Bawang dayak (Eleutherine americana Merr.), DPPH, IC50


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang RIANA MEIRINDA - Personal Name
Edisi Published
No. Panggil 174101484010002
Subyek
Klasifikasi 174101484010002
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit STIKES ISFI BANJARMASIN
Tahun Terbit 2020
Tempat Terbit BANJARMASIN
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

. (2020).GAMBARAN TINGKAT KEPATUHAN ORANGTUA PASIEN DALAM PEMBERIAN OBAT ANTIEPILEPSI PADA ANAK DI APOTEK PRAMUKA BANJARMASIN.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To Senayan Library's Online Public Access Catalog (OPAC). Use OPAC to search collection in our library.

Media Sosial / Kanal

Facebook Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official
Youtube Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official
Instagram Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: [email protected]