TINJAUAN LITERATUR : GAMBARAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS


Penyimpanan obat perlu diperhatikan karena banyak kejadian obat rusak dan kadaluarsa yang membuat kerugian besar bagi rumah sakit. Penyimpanan obat yang salah dapat membuat obat yang dikonsumsi pasien menjadi tidak efektif. Perlu dilakukan evaluasi terhadap penyimpanan obat untuk menjaga kualitas obat yang ada di gudang farmasi dan mempermudah dalam pendistribusian obat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian penyimpanan obat yang ada di gudang farmasi RSD Idaman Banjarbaru dengan standar yang telah ditentukan. Penelitian ini tergolong ke dalam jenis penelitian non eksperimental yaitu survei. Data hasil penelitian yang diperoleh disajikan dalam bentuk deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2018 di gudang farmasi.
Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa 1 parameter yang tidak sesuai dari 12 parameter yang diobservasi. Parameter yang diobservasi diantaranya penyimpanan obat berdasarkan kelas terapi, bentuk dan jenis sediaan, alfabetis, FIFO dan FEFO, penyimpanan obat LASA tidak ditempatkan berdekatan dan harus diberi penandaan khusus, tempat penyimpanan obat tidak dipergunakan untuk penyimpanan barang lainnya, penyimpanan narkotika dan psikotropika pada lemari khusus, terbuat dari bahan yang kuat, tidak mudah dipindahkan, mempunyai dua buah kunci yang berbeda, kunci dikuasakan oleh Apoteker penanggungg jawab, dan tempat penyimpanan narkotika dan psikotropika tidak bercampur dengan barang lain. Gudang farmasi RSD Idaman Banjarbaru belum melakukan penyimpanan berdasarkan kelas terapi. Persentase kesesuaian penyimpanan di gudang farmasi RSD Idaman Banjarbaru yang memenuhi standar 91,67 % dari 12 parameter yang di observasi dan yang tidak memenuhi standar 8,33 % dari 12 parameter yang di observasi.
Kata kunci: Evaluasi, Penyimpanan Obat, Gudang Farmasi, RSD Idaman Banjarbaru.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang DESTIANA PRATIWI - Personal Name
Edisi Published
No. Panggil 164101484010023
Subyek
Klasifikasi 164101484010023
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit STIKES ISFI BANJARMASIN
Tahun Terbit 2020
Tempat Terbit BANJARMASIN
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

. (2020).TINJAUAN LITERATUR : GAMBARAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To Senayan Library's Online Public Access Catalog (OPAC). Use OPAC to search collection in our library.

Media Sosial / Kanal

Facebook Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official
Youtube Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official
Instagram Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: [email protected]