GAMBARAN KESESUAIAN PERESEPAN OBAT DENGAN FORMULARIUM RUMAH SAKIT


Antibiotik adalah obat yang berasal dari seluruh atau bagian tertentu mikroorganisme dan digunakan untuk mengobati infeksi bakteri. Antibiotik selain membunuh mikroorganisme atau menghentikan reproduksi bakteri juga membantu sistem pertahanan alami tubuh untuk mengeleminasi bakteri tersebut. Antibiotik merupakan obat yang paling sering diresepkan, namun sering disalah gunakan. Tingkat pengetahuan mahasiswa Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin tentang penggunaan antibiotik
Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional dengan metode accidental sampling. Penelitian ini diambil pada bulan agustus 2018 di Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin menggunakan kuesioner online melalui google form untuk mengetahui tingkat pengetahuan mahasiswa Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan perhitungan rumus persentasi.
Hasil penelitian menunjukkan dari 235 orang mahasiswa sebanyak 46,3% memiliki pengetahuan cukup, hal tersebut menunjukkan mahasiswa sudah memiliki bekal yang cukup untuk melaksanakan praktek kefarmasian. Sebanyak 45,5% mahasiswa memiliki tingkat pengetahuan kurang dan tingkat pengetahuan baik 8,2%.
Berdasaran hasil penelitian pemahaman mahasiswa Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin tentang penggunaan antibiotik masih perlu ditingkatkan karena nantinya mereka akan terjun langsung ke masyarakat untuk memberikan pelayanan kefarmasian, sehingga masyarakat dapat menggunakan antibiotika dengan rasional.
Kata kunci : Antibiotika, tingkat pengetahuan, mahasiswa Farmasi


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang HIDAYATULLAH - Personal Name
Edisi Published
No. Panggil 174101484010007
Subyek
Klasifikasi 174101484010007
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit STIKES ISFI BANJARMASIN
Tahun Terbit 2020
Tempat Terbit BANJARMASIN
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

. (2020).GAMBARAN KESESUAIAN PERESEPAN OBAT DENGAN FORMULARIUM RUMAH SAKIT.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To Senayan Library's Online Public Access Catalog (OPAC). Use OPAC to search collection in our library.

Media Sosial / Kanal

Facebook Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official
Youtube Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official
Instagram Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: [email protected]