POLA PENGGUNAAN OBAT ANTI HIPERTENSI PADA PASIEN HIPERTENSI RAWAT JALAN RSUD MUARA TEWEH TAHUN 2018


"Hipertensi adalah terjadinya peningkatan tekanan darah secara persisten dalam dua kali pengukuran dengan selang waktu lima menit. Hipertensi disebut juga “silent killer” yang merupakan faktor resiko penyebab penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal. RSUD Muara Teweh merupakan rumah sakit rujukan tertinggi penyakit hipertensi di kabupaten Barito Utara. Penyakit hipertensi pada pasien rawat jalan di RSUD Muara Teweh tahun 2018.
Jenis penelitian adalah observasional, pengumpulan data secara retrospektif dan ditampilkan secara desktiptif. Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai dengan Mei 2019 di RSUD Muara Teweh. Populasi pada penelitian ini adalah semua resep pasien hipertensi rawat jalan. Metode penelitian adalah Simple Random Sampling dengan menggunakan rumus slovin dengan sampel 294 resep pasien hipertensi. Kriteria Inklusi resep pasien yang terdiagnosa hipertensi, semua resep pasien hipertensi yang berumur >18 tahun, resep pasien hipertensi rawat jalan. Kriteria Eksklusi resep pasien hipertensi yang rusak.
Hasil dari penelitian penggunaan obat yang diteliti pada penelitian ini di RSUD Muara Teweh Nama obat didapat 584 obat. Disimpulkan Golongan obat yang terbanyak Calcium Channel Blokers dengan terbanyak 183 obat (43,0%), obat yang banyak diresepkan adalah Amlodipin dengan terbanyak 183 obat (31,34%), Potensi obat terbanyak Amlodipin 10 mg dengan terbanyak 110 obat (18,8%), Frekuensi minum obat paling banyak diresepkan Amlodipin 1x1 dengan presentase (31,16%).


Kata Kunci : Penyakit Hipertensi, Tekanan Darah Tinggi, Pola Penggunaan Obat anti hipertensi"


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab \0
Pengarang MELCY MENAS - Personal Name
Edisi Published
No. Panggil 164101484010143
Subyek
Klasifikasi 164101484010143
Judul Seri \0
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit STIKES ISFI BANJARMASIN
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit BANJARMASIN
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

. (2019).POLA PENGGUNAAN OBAT ANTI HIPERTENSI PADA PASIEN HIPERTENSI RAWAT JALAN RSUD MUARA TEWEH TAHUN 2018.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To Senayan Library's Online Public Access Catalog (OPAC). Use OPAC to search collection in our library.

Media Sosial / Kanal

Facebook Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official
Youtube Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official
Instagram Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: [email protected]