PENGUKURAN RENDEMEN EKSTRAK DAUN TERAP (Artocarpus odoratissimus) DENGAN VARIASI JENIS PELARUT


"Daun terap adalah tanaman khas Kalimantan yang secara empiris digunakan sebagai penurun tekanan darah tinggi dengan cara merebus beberapa lembar daun kemudian meminum air rebus tersebut. Hal ini dikarenakan pada daun terap mengandung senyawa terpenoid, flavonoid dan stilbenoid. Senyawa tersebut dapat mengahasilkan efek sebagai antibakteri, anti platelet, anti fungal, antimalarial. Senyawa tersebut dapat diekstraksi dengan menggunakan pelarut yang sesuai dengan kepolarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa persentase rendemen yang didapatkan pada ekstrak daun terap dengan variasi pelarut.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah non-ekperimental dengan metode deskriptif yaitu mendiskripsikan berapa besar rendemen yang didapatkan pada ekstrak daun terap dengan metode maserasi selama 3 hari dan remaserasi selama 2 hari sebanyak 2x menggunakan pelarut metanol, etanol 70% dan etanol 96%. Populasi yang digunakan adalah daun terap yang diambil di Desa Bajang. Sampel yang digunakan yaitu daun terap yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Pada penelitian ini pengolaan data yang digunakan yaitu secara deskriftif.
Hasil penelitian yang diperoleh bahwa ekstrak daun terap dengan pelarut metanol menghasilkan rendemen terbesar yaitu 16,98%, kemudian dengan pelarut etanol 70% menghasilkan rendemen sebesar 14,06% sedangkan rendemen terkecil yaitu dengan pelarut etanol 96% yaitu 13,58%.

Kata Kunci ; Metanol, Etanol 70%, Etanol 96%, Rendemen, Terap"


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab \0
Pengarang Ahmad Reanaldy - Personal Name
Edisi Published
No. Panggil 164101484010067
Subyek
Klasifikasi 164101484010067
Judul Seri \0
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit STIKES ISFI BANJARMASIN
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit BANJARMASIN
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

. (2019).PENGUKURAN RENDEMEN EKSTRAK DAUN TERAP (Artocarpus odoratissimus) DENGAN VARIASI JENIS PELARUT.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To Senayan Library's Online Public Access Catalog (OPAC). Use OPAC to search collection in our library.

Media Sosial / Kanal

Facebook Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official
Youtube Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official
Instagram Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: [email protected]