TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK IBUNDA KOTA BANJARMASIN
"Pelayanan Kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien dengan maksud mencapai hasil untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Mutu kehidupan pasien dapat ditingkatkan dengan pelayanan kefarmasian di apotek. Kepuasan pasien salah satu pengukuran kualitas pelayanan kefarmasian. Kepuasan pasien dapat diketahui dengan berbagai upaya antara lain wawancara, menyediakan kotak saran dan survei kuesioner. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Ibunda Kota Banjarmasin berdasarkan penilaian keseluruhan 5 dimensi kualitas pelayanan yaitu Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty dan Tangile.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental yang bersifat deskriptif untuk mengetahui tingkat kepuasaan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Ibunda Kota Banjarmasin. Sampel dari penelitian ini adalah pasien yang menebus resep di Apotek Ibunda yang memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode consecutive sampling, yaitu pengambilan sampel dari pasien yang memenuhi kriteria inklusi sampai kurun waktu tertentu.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap 99 sampel dengan menggunakan kuisioner tentang kepuasan pasien, dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Ibunda Kota Banjarmasin diperoleh nilai rata-rata yaitu 73,74% dan hasil kategori dari penilaian 5 dimensi kualitas pelayanan yaitu reliability 72,77%, responsiveness 73,94%, tangible 73,98%, empathy 74,22%, dan assurance 73,79%.
Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Pelayanan Kefarmasian, Apotek"
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
\0 |
Pengarang |
|
Edisi |
Published |
No. Panggil |
164101484010077 |
Subyek |
|
Klasifikasi |
164101484010077 |
Judul Seri |
\0 |
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
STIKES ISFI BANJARMASIN |
Tahun Terbit |
2019 |
Tempat Terbit |
BANJARMASIN |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
|
Citation
. (2019).TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK IBUNDA KOTA BANJARMASIN.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd