ANALISIS KUANTITATIF Coliform PADA ES KELAPA MUDA DENGAN METODE MOST PROBABLE NUMBER (MPN)


"Es Kelapa Muda merupakan minuman dingin yang banyak digemari masyarakat dan dianggap aman untuk dikonsumsi. Namun banyak penjual es kelapa muda yang berjualan ditempat yang tidak higienis dengan peralatan dan cara pembuatan yang tidak terjamin kebersihannya sehingga sangat rentan tercemar bakteri Coliform.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cemaran bakteri Coliform dan untuk mengetahui jumlah kandungan (MPN/100 ml) pada Es Kelapa Muda yang dijual disepanjang jalan Trans Kalimantan Handil Bakti Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di Laboratorium Mikrobiologi Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin. Sampel diambil dengan teknik sampling jenuh.
Analisis bakteri Coliform pada Es Kelapa Muda yang dilakukan menggunakan Uji Dugaan (Presumtive Test) dengan media Lauryl Sulfate Broth (LSB) dan Uji Penegasan (Confirmed Test) dengan media Brilliant Green Lactosa Bile Broth (BGLB). Hasil dibandingkan dengan alat ukur berupa Tabel Most Probable Number (MPN) dengan menggunakan seri 3-3-3 tabung. Hasil penelitian kemudian dianalisis secara Deskriptif dengan mengacu pada Standar PERMENKES RI No. 492 tahun 2010 bahwa kandungan Coliform yang diperbolehkan 0/100 ml. Penelitian ini menggunakan 12 sampel. Hasil kualitatif penelitian didapatkan bahwa semua sampel positif tercemar bakteri Coliform sedangkan hasil kuantitatif menunjukkan bahwa 58,33% sampel yang diperiksa tercemar bakteri Coliform dengan nilai MPN Coliform >1898/100 ml, 8,33% sampel tercemar bakteri Coliform dengan nilai MPN Coliform 438, 25% sampel tercemar bakteri Coliform dengan nilai MPN Coliform 271/100 ml dan 8,33% sampel tercemar bakteri Coliform dengan nilai MPN Coliform 44/100 ml. Sehingga menurut PERMENKES RI No.492 tahun 2010 dinyatakan bahwa semua sampel tidak layak untuk dikonsumsi.

Kata kunci : Es kelapa muda, Coliform, MPN"


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab \0
Pengarang Yuliyana Rakhmadani - Personal Name
Edisi Published
No. Panggil 164101484010096
Subyek
Klasifikasi 164101484010096
Judul Seri \0
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit STIKES ISFI BANJARMASIN
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit BANJARMASIN
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

. (2019).ANALISIS KUANTITATIF Coliform PADA ES KELAPA MUDA DENGAN METODE MOST PROBABLE NUMBER (MPN).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To Senayan Library's Online Public Access Catalog (OPAC). Use OPAC to search collection in our library.

Media Sosial / Kanal

Facebook Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official
Youtube Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official
Instagram Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: [email protected]