Detail Cantuman

FORMULASI DAN EVALUASI SIFAT FISIK SEDIAAN SABUN MANDI PADAT EKSTRAK ETANOL DAUN BAWANG DAYAK (Eleutherine palmifolia (L.) Merr.)

FORMULASI DAN EVALUASI SIFAT FISIK SEDIAAN SABUN MANDI PADAT EKSTRAK ETANOL DAUN BAWANG DAYAK (Eleutherine palmifolia (L.) Merr.)


"Minat masyarakat untuk memanfaatkan kembali bahan-bahan alam bagi kesehatan, obat – obatan dan kosmetik dari tanaman cenderung meningkat. Meningkatnya pemakaian tanaman sebagai bahan obat dan kosmetik, maka penelitian untuk membuktikan kebenaran khasiat maupun efek samping perlu dioptimalkan. Salah satu kosmetik yang dapat diolah untuk membersihkan kulit adalah sabun mandi kesehatan. Sabun mandi adalah kosmetik pembersih paling tua sejak berabad-abad lalu. Sabun memiliki tingkat kepopuleran yang tinggi karena mempunyai daya pembersih kotoran kulit yang kuat, efektif, dan kurang berbahaya dibandingkan dengan surfaktan lainnya. Salah satu tanaman yang bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan obat atau kosmetik yaitu bawang dayak. Bawang dayak merupakan tanaman yang memiliki aktivitas antibakteri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil evaluasi uji sifat fisik sabun mandi padat ekstrak daun bawang dayak yang memenuhi syarat SNI 3532.2016.
Jenis penelitian yang digunakan adalah non eksperimental yang bersifat deskritif. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Teknologi Farmasi ISFI Banjarmasin diantara bulan Mei - Juli 2019. Daun bawang dayak diolah menjadi serbuk kemudian dimaserasi menggunakan pelarut etanol 70% menjadi ekstrak. Ekstrak digunakan sebagai bahan zat aktif pembuatan sabun mandi padat yang diolah sebanyak dua formulasi. Uji yang dilakukan pada sabun mandi padat meliputi uji organoleptis, uji pH, uji kadar air, uji bahan tak larut dalam etanol, dan uji alkali bebas. Masing-masing uji dilakukan replikasi sebanyak tiga kali.
Hasil penelitian yang didapat pada hasil pengujian untuk uji pH, uji kadar air, uji bahan tak larut dalam etanol memenuhi syarat mutu pada kedua formulasi, sedangkan untuk uji organoleptis dan uji alkali bebas tidak memenuhi syarat mutu pada kedua formulasi dikarenakan faktor kurang ketelitian terhadap pengerjaan sehingga mempengaruhi hasil akhir.
Kata kunci : Daun Bawang Dayak, Formulasi Sabun Mandi Padat"


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab \0
Pengarang Muhammad Nizar Ramadhan - Personal Name
Edisi Published
No. Panggil 164101484010012
Subyek
Klasifikasi 164101484010012
Judul Seri \0
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit STIKES ISFI BANJARMASIN
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit BANJARMASIN
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

. (2019).FORMULASI DAN EVALUASI SIFAT FISIK SEDIAAN SABUN MANDI PADAT EKSTRAK ETANOL DAUN BAWANG DAYAK (Eleutherine palmifolia (L.) Merr.).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To Senayan Library's Online Public Access Catalog (OPAC). Use OPAC to search collection in our library.

Media Sosial / Kanal

Facebook Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official
Youtube Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official
Instagram Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: [email protected]