EVALUASI PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS KABUPATEN BANJAR TAHUN 2019


"Pelayanan Kefarmasian merupakan kegiatan yang terpadu dengan tujuan untuk mengidentifikasi, mencegah dan menyelesaikan masalah obat dan masalah yang berhubungan dengan kesehatan. Kegiatan monitoring dan evaluasi perlu dilakukan secara berkala sebagai tindak lanjut terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelayanan kefarmasian di puskesmas Kabupaten Banjar periode Maret – April 2019 dan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan kefarmasian di Puskesmas Kabupaten Banjar.
.Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental yang bersifat deskriptif, dilaksanakan pada bulan Maret – April 2019 di seluruh Puskesmas di Kabupaten Banjar. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 24 puskesmas di Kabupaten Banjar dengan metode sampling jenuh. Alat ukur yang digunakan Daftar Tilik Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas yang diterbitkan oleh Direktorat Jendral Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Departemen Kesehatan RI tahun 2008. Teknik pengambilan data dilakukan secara observasional dan disertai wawancara kepada tenaga kefarmasian di puskesmas. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan microsoft excel.
Hasil penelitian menunjukkan persentase kualitas pelayanan kefarmasian di Puskesmas Kabupaten Banjar yaitu kategori baik sebanyak 38%, kategori sedang 33%, dan kategori kurang 29%. Hasil rata-rata kualitas pelayanan kefarmasian di Puskesmas Kabupaten Banjar yaitu sedang dengan skor rata-rata 76. Faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan kefarmasian di Puskesmas Kabupaten Banjar meliputi penunjang pelayanan, pelayanan, dan mutu pelayanan.

Kata kunci : Evaluasi, Pelayanan Kefarmasian, Puskesmas"


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab \0
Pengarang Ika Nurnoviyanti Pratiwi - Personal Name
Edisi Published
No. Panggil 164101484010117
Subyek
Klasifikasi 164101484010117
Judul Seri \0
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit STIKES ISFI BANJARMASIN
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit BANJARMASIN
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

. (2019).EVALUASI PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS KABUPATEN BANJAR TAHUN 2019.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To Senayan Library's Online Public Access Catalog (OPAC). Use OPAC to search collection in our library.

Media Sosial / Kanal

Facebook Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official
Youtube Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official
Instagram Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: [email protected]