GAMBARAN KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS PEKAUMAN BANJARMASIN


"Kesehatan merupakan hak asasi manusia dan salah satu unsur kesejahteraan yang harus diwujutkan sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia. Pelayanan kesehatan bagi masyarakat adalah masalah yang komplek dan begitu pentingnya kesehatan bagi manusia, sehingga semua manusia berhak mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak. Puskesmas merupakan pihak terdepan dalam pelayanan kesehatan, oleh sebab itu keberadaan Puskesmas sangatlah penting. Salah satunya yaitu pelayanan kesehatan di Puskesmas yang telah ditunjang dengan pelayanan Kefarmasian yang telah berubah paradigma menjadi Pharmaceutical care yaitu penggunaan obat yang benar dan rasional.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan di Puskesmas Pekauman berdasarkan penilaian 5 dimensi kualitas pelayanan Reliability (kehandalan), Assurance (jaminan), Responsivennes (daya tanggap), Emphaty (empati), dan Tangible (bukti fisik). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, Data dikumpulkan dengan cara menggunakan lembar kuisioner. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah pasien yang mengambil obat di Apotek Puskesmas Pekauman Banjarmasin. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling purposive, yaitu teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang atau kesempatan bagi setiap anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel.
Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan dari data yang didapatkan kualitas pelayanan di Puskesmas Pekauaman berdasarkan penilaian 5 dimensi kualitas jasa, dan dianalisis dengan menggunakan persentase dan skala likert. Hasil penelitian pada dimensi Responsivennes (ketanggapan) menunjukkan 61% kategori puas, Reliability (kehandalan) 62% kategori puas, Assurance (jaminan) 65% kategori puas, Emphaty (empati) 69% kategori puas, dan Tangible (bukti fisik) 52% kategori cukup puas dimensi rata-rata persentase interprestasi skor sebesar 62% yang artinya masuk dalam kategori puas.

Kata Kunci : Tingkat kepuasan, Pelayanan kefarmasian, Puskesmas Pekauman"


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab \0
Pengarang Griska Gresmellinda - Personal Name
Edisi Published
No. Panggil 164101484010019
Subyek
Klasifikasi 164101484010019
Judul Seri \0
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit STIKES ISFI BANJARMASIN
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit BANJARMASIN
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

. (2019).GAMBARAN KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS PEKAUMAN BANJARMASIN.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To Senayan Library's Online Public Access Catalog (OPAC). Use OPAC to search collection in our library.

Media Sosial / Kanal

Facebook Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official
Youtube Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official
Instagram Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: [email protected]