ANALISIS KUALITATIF BAHAN PENGAWET BERBAHAYA PADA BAKPAO YANG DIJUAL DI KECAMATAN BANJARBARU UTARA


"Bakpao adalah jajanan ringan yang terbuat dari bahan dasar tepung dengan berbagai varian rasa, daya tahan bakpao tanpa bahan pengawet bertahan 2 hari di dalam ruangan suhu kamar dan bertahan 1 minggu jika disimpan dalam freezer. Bakpao rasa ayam lebih mudah mengalami pembusukan dibandingkan varian rasa strawberry, cokelat, kacang hijau, dan kacang tanah karena, ayam lebih banyak mengandung protein sehingga perlu penambahan bahan pengawet agar bakpao dapat bertahan lama. Penggunaan Boraks dan Formalin sebagai pengawet dan pengenyal untuk bakpao jelas dilarang sesuai PERMENKES No. 33 tahun 2012 tentang Bahan Tambahan Makanan. Boraks dan formalin dalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan organ-organ tubuh seperti hati dan otak, bersifat karsinogenik , bersifat mutagen bahkan menyebabkan kematian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya bahan pengawet berbahaya pada bakpao yang dijual di Kecamatan Banjarbaru Utara.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriftif dengan teknik pengumpulan dan pengambilan sampel yaitu teknik sampling jenuh. Analisis kualitatif bahan pengawet berbahaya pada Bakpao dilakukan dengan larutan pereaksi tollens dan Kalium permanganat untuk analisis formalin sedangkan, Uji nyala api dan Uji kertas kunyit untuk analisis Boraks. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Kimia Borneo Lestari pada bulan Maret 2018.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 5 sampel bakpao rasa ayam yang dijual di Kecamatan Banjarbaru Utara semua sampel 0% tidak terdeteksi mengandung formalin tetapi 2 sampel (40%) sampel positif mengandung boraks.

Kata Kunci : Analisis Kualitatif, Boraks, Formalin, Bakpao,"


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab \0
Pengarang NURHAILI - Personal Name
Edisi Published
No. Panggil 154101484010134
Subyek
Klasifikasi 154101484010134
Judul Seri \0
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit STIKES ISFI BANJARMASIN
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit BANJARMASIN
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

. (2018).ANALISIS KUALITATIF BAHAN PENGAWET BERBAHAYA PADA BAKPAO YANG DIJUAL DI KECAMATAN BANJARBARU UTARA.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To Senayan Library's Online Public Access Catalog (OPAC). Use OPAC to search collection in our library.

Media Sosial / Kanal

Facebook Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official
Youtube Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official
Instagram Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: [email protected]