GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK BORNEO BANJARMASIN
"Standar pelayanan kefarmasian merupakan tolok ukur yang digunakan
sebagai pedoman bagi tenaga kefarmasian dalam menyelenggarakan pelayanan
kefarmasian. Pengaturan standar pelayanan kefarmasian di apotek bertujuan untuk
meningkatkan mutu pelayanan kefarmasian, menjamin kepastian hukum bagi
tenaga kefarmasian, dan melindungi pasien dan masyarakat dari penggunaan obat
yang tidak rasional dalam rangka keselamatan pasien (patient safety). Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap
pelayanan kefarmasian yang diberikan di Apotek Borneo Banjarmasin.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini
adalah semua pasien yang berkunjung ke Apotek Borneo Banjarmasin dan
mendapat pelayanan kefarmasian. Pengambilan sampel dilakukan selama 1 bulan
pada tanggal 12 Maret sampai 13 April 2018. Sampel pada penelitian ini adalah
pasien yang mendapat pelayanan kefarmasian dan memenuhi kriteria inklusi dan
eksklusi yang berjumlah 173 orang. Instrumen yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah kuesioner. Pengolahan data dilakukan dengan
melaukukan perhitungan persentase tiap jawaban yang diberikan responden
sehingga dapat dilihat tingkat kepuasan pasien untuk setiap butir pertanyaan pada
5 dimensi kepuasan.
Hasil penelitian yang telah dilakukan di Apotek Borneo Banjarmasin dapat
disimpulkan bahwa secara keseluruhan tingkat kepuasan pasien terhadap semua
dimensi kepuasan yaitu sebanyak 50,87% responden merasa sangat puas, 40,46%
responden merasa puas, 8,67% responden merasa cukup puas dan 0% responden
yang merasa kurang puas dan tidak puas.
Kata Kunci : Pelayanan Kefarmasin, Kepuasan, Apotek Borneo Banjarmasin"
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
\0 |
Pengarang |
LINA ELFIANA NOVIKA ZULFI - Personal Name
|
Edisi |
Published |
No. Panggil |
154101484010126 |
Subyek |
|
Klasifikasi |
154101484010126 |
Judul Seri |
\0 |
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
STIKES ISFI BANJARMASIN |
Tahun Terbit |
2018 |
Tempat Terbit |
BANJARMASIN |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
|
Citation
. (2018).GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK BORNEO BANJARMASIN.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd