Detail Cantuman

TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI UPT PUSKESMAS PALINGKAU KABUPATEN KAPUAS TAHUN 2018

TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI UPT PUSKESMAS PALINGKAU KABUPATEN KAPUAS TAHUN 2018


"Pelayanan kefarmasian termasuk pelayanan publik yang perlu di
perhatikan karena mempunyai keterkaitan yang erat dengan masyarakat. Salah
satu jenis pelayanan kefarmasian yang dituntut bermutu memenuhi standar adalah
pelayanan puskesmas. Pelayanan yang bermutu dapat dilihat, salah satunya
dengan melihat dari tingkat kepuasan konsumen atau pasien. Kepuasan adalah
tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang
dirasakannya dengan yang diharapkannya.
Tingkat kepuasan merupakan fungsi dari perbedaan antara kinerja yang
dirasakan dengan harapan. Apabila kinerja dibawah harapan, maka pelanggan
akan merasa kecewa, bila kinerja sesuai harapan maka pelanggan akan puas.
Pelanggan yang sangat puas akan setia lebih lama, kurang sensitive terhadap harga
dan memberi komentar yang baik terhadap pelayanan tersebut.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Dengan
menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel yang diambil
atau di teliti sebanyak 273 responden dengan kriteria inklusi dan eksklusi, sampel
pada penelitian ini melibatkan pasien yang menerima pelayanan kefarmasian di
UPT Puskesmas Palingkau Kabupaten Kapuas. Pengumpulan data dilakukan pada
bulan April 2018 dengan menggunakan kuesioner.
Hasil penelitian tingkat kepuasan pasien secara umum diUPT Puskesmas
Palingkau Kapuas adalah sebagai berikut: Sangat Puas 15,38% dan Puas 84,62%.
Nilai skor kepuasan berdasarkan 5 dimensi pelayanan kefarmasian dengan ratarata persentase pelayanan sebesar 70,16% yang berarti pasien merasa puas
terhadap pelayanan kefarmasian yang diberikan.
Kata Kunci : Tingkat Kepuasan, Pelayanan Kefarmasian, Puskesmas Palingkau"


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab \0
Pengarang HERMINA - Personal Name
Edisi Published
No. Panggil 154101484010122
Subyek
Klasifikasi 154101484010122
Judul Seri \0
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit STIKES ISFI BANJARMASIN
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit BANJARMASIN
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

. (2018).TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI UPT PUSKESMAS PALINGKAU KABUPATEN KAPUAS TAHUN 2018.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To Senayan Library's Online Public Access Catalog (OPAC). Use OPAC to search collection in our library.

Media Sosial / Kanal

Facebook Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official
Youtube Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official
Instagram Perpustakaan STIKES ISFI Banjarmasin Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: [email protected]